Pengikut

Rabu, 09 Desember 2015

IDE KREATIF DAN INOVATIF “MEMBUAT KARTU UCAPAN DENGAN ORNAMEN SANTA TERBARU 2015”

By : Dwi Ariati Mujiyadi S.Pd

IDE KREATIF DAN INOVATIF "CARA MEMBUAT SANTA DARI KERTAS LIPAT

Ide kreatif dan inovatif memang tidak pernah ada habisnya, bahkan setiap hari pasti akan tercipta ide-ide kreatif dan inovatif dari orang-orang yang memiliki tangan terampil. Seperti artikel sebelumnya saya telah membagikan pengetahuan tentang cara membuat ornament santa pada pohon natal. Anda semua bisa mempraktekannya di rumah anda bagi umat Kristen. Hari raya umat Kristen pasti tidak terlepas dari banyaknya pernak pernik yang gemerlap, dimana-mana pasti ada gemerlap lampu dll, lalu ada kue-kue yang ada dimeja serta kumpul bersama keluarga besar dan membuat bermacam-macam makanan yang lezat. Tanpa adanya ornament-ornamen yang menghiasi tidak akan lengkap pada saat hari raya itu.
Setelah ada ornament-ornamen saya sering kali melihat dirumah saudara saya mereka  membagikan kartu-kartu ucapan. Terkadang untuk para anak kecil di dalam kartu diselipkan bebeberapa uang kecil sebagai hadiah dari orang yang lebih tua. Saudara saya memiliki banyak teman disekolahnya yang terkadang membagikan kartu-kartu ucapan, dia sering kali bingung membuat kartu ucapan yang unik dan lain dari yang diberikan teman-temannya. Kali ini dia telah  membuat kartu ucapan selamat sendiri dengan tangannya sendiri. Berikut langkah-langkah yang saya ketahui :
1.      Sediakan kertas lipat berwarna merah dua lembar untuk satu santa yaitu digunakan kepala dan badannya. Sediakan pula bullpen,lem dan kertas buffalo berwarna putih.
2.     Buat bagian badan terlebih dahulu. Lipatlah pinggir-pinggir atas dan bawah sedikit dengan terlihat warna putihnya. Setelah itu balik pada warna putih, ambil garis tengah dan lipat kedalam sampi-sampingnya. Selanjutnya akan terlihat warna merah, maka lipatlah lagi keluar ujung-ujungnya, maka akan terlihat menjadi lengan santa. Setelah anda melipat ujung-ujungnya tadi lipatlah kedalam dan akan terbentuklah badan santa. Seperti berikut gambaran pembuatan badannya :

3.      Setelah badan selesai, langkah selanjutnya adalah membuat kepala santa. Ambillah kertas lagi satu buah. Lipatlah ujung bawah dan pinggirnya, setelah lipatan terbuat liaptlah lagi bagian ujung atasnya dengan sedikit lipatan. Lalu baliklah kertas tersebut pada bagian putih. Buat lipatan lagi dengan ujung ke ujung hingga menumpuk jadi satu. Maka akan terbentuk kepala setengan jadi santa gambarnya sebagai berikut :

Setelah kepala setngan jadi selesai, lipat sedikit ujung atas untuk menjadi sebuah topi santa. Lalu lipatlah lagi kebelakang, maka akan terbentuk sebegai berikut :

4.      Tinggal memberi gambar muka santa dengan bullpen, untuk mata, hidung,dan mulutnya. Setelah tergambar semuanya, tempelkan di badan yang sudah terbentuk tadi. Maka hasilnya sebagai berikut :

5.      Proses paling terakhir tinggal menempelkannya ke kartu ucapan selamat yang sudah aanda siapkan tadi. Selesai….

Demikian sedikit uraian dan gambaran dari artikel “MEMBUAT KARTU UCAPAN DENGAN ORNAMEN SANTA TERBARU 2015”. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah sebelum tiba hari natal anda. Silahkan mencoba dirumah, buatlah dengan sepenuh hati. Karena hati bisa menciptakan sesuatu yang lebih baik dan cantik. Ide kreatif dan inovatif ini semoga menjadi pengetahuan yang bermanfaat untuk anda agar selalu berkarya yang menjadi inspirasi anda setiap harinya. kertas merupakan barang yang biasa, namun ketika tangan anda beraksi maka akan tercipta sesuatu yang indah dan berharga. Selalulah berkarya agar hidup anda berwarna.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar